logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Festival Kopi Banten Pertama Digelar

Festival Kopi Banten Pertama Digelar(daerah.sindonews.com)-Banten lebih dikenal sebagai daerah jawara, debus, hingga pariwisatanya. Tapi siapa sangka, Banten punya potensi kopi jenis robusta dan arabika yang tak kalah dengan daerah lain di Indonesia.
Untuk mempromosikan kopi asal Tanah Jawara ini, untuk pertama kali digelar Festival Kopi Banten bertema ‘Banten Punya Kopi’ di Pendopo Bupati Serang (24/4/2019). Komunitas2 barista hadir dan digelar berbagai kegiatan, mulai diskusi tentang kopi, melukis berbahan baku kopi, hingga memanjakan pengunjung dengan menggratiskan 1.000 gelas kopi.

 

Turut hadir, mantan Mentan Anton Apriyantono, Kadistanprov Banten Agus M Tauchid, Wabup Serang Pandji Tirtayasa, dan komunitas kopi di Banten. “Kalau kopi dikelola dari hilir, bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat, juga menjawab persoalan tenaga kerja. Bisa meningkatkan perekonomian. Banten, bisa jadi produsen kopi terbaik” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada wartawan.
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang, beberapa tanaman perkebunan rakyat di Kabupaten Serang masih mempunyai lahan yang luas di atas 1.000 hektare. Komoditas perkebunan paling besar antara lain kelapa, kopi, cengkeh dan kakao.
Sementara berdasarkan catatan Dinas Pertanian Kabupaten Serang, luas lahan perkebunan kopi di Kabupaten Serang saat ini seluas 1.864 hektare dengan produksi per semester 551,23 ton dan produktivitas 270,42 kilogram per hektare.

 

Di Kab-Serang, punya perkebunan kopi rakyat di Kecamatan Cinangka, yang berdekatan dengan objek wisata pantai. “Saya mengapresiasi Festival Kopi Banten pertama ini. Harus digelar rutin agar terus menumbuhkan kecintaan pada kopi yang baik untuk kesehatan. Agar meningkatkan perekonomian masyarakat” ujarnya.
Kadistanprov Banten AM Tauchid mengatakan, luas lahan pertanian sektor kopi di Prov-Banten 6.468 ha. Tingkat produksinya per tahun masih rendah : 2.428 ha. “Komoditas kopi di Banten sangat luar biasa, kedai kopi sudah banyak bermunculan, ini menandakan tingkat perekonomian yang meningkat,” katanya. (akn; Bahan dari : SindoNews dan https://daerah.sindonews.com/read/1398585/174/festival-kopi-banten-pertama-kali-digelar-1556110717)-FatchurR *

One Response to Festival Kopi Banten Pertama Digelar

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Budaya ngafe sdh go International, mempersiapkan seduhan kopi nikmat sm artinya mengundang turis dtg yg artinya juga mendatangkan kesempatan warga menambah hasil dr multiplier effect kedatangannya.
    Ini meliputi beberapa aspek yg bisa lgs mengisi kocek warga dan pd akhirnya daerah ini berkembang dg sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita