logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Festival gejog lesung 2015

Festival gejog lesung 2015SUASANA lapangan Desa Barepan, Kec-Cawas, Klaten ramai. Ratusan warga memenuhi lokasi itu. Satu persatu kelompok gejog lesung unjuk kebolehan dalam Festival Gejog Lesung yang diadakan Pemerintah Kecamatan Cawas untuk menyambut HUT Ke-70 RI dan HUT Ke-211 Klaten.

 

Kegiatan tersebut diikuti 18 peserta dari berbagai kecamatan. Penabuh alat penumbuk padi yang bisa dijadikan alat musik itu ratarata sudah berumur.

 

Meski demikian, mereka terlihat bersemangat dan kompak saat memukulkan alu (penumbuk) kayu ke lesung berukuran besar. Berbagai tembang lama dimainkan, salah satunya tembang Lesung Jumengglung karya dalanng kondang asal Klaten Ki Narto Sabdo.

 

Semula festival hanya digelar untuk peserta dari Kecamatan Cawas saja, namun kemudian agar meriah mereka mengundang peseta dari kecamatan lain.

 

‘’Festival gejog lesung mengingatkan bahwa Klaten adalah kawasan lumbung padi. Cawas juga daerah penghasil beras. Festival Gejog Lesung baru kali pertama digelar,’’ kata Camat Cawas, Muh Nasir, Sabtu (8/8). ‘’Kami diundang khusus oleh panitia untuk ambil bagian dalam festival.

 

Sejak pensiun, saya sering mengisi waktu dengan gejog lesung, meski latihannya tidak setiap hari. Untuk persiapan ikut festival ini, kami latihan dulu tapi cuma tiga kali,’’ kata Karsono, anggota Grup Cahyo Jumengglung Gayamprit, Klaten Selatan.

 

Ratusan Tahun

Lesungnya terbuat dari kayu nangka dan sudah berumur 15 tahun. Namun dia juga punya yang berusia 100 tahun. Adapun Kardijo (62) anggota seni Asri Laras mengaku menggunakan lesung yang umurnya sudah ratusan tahun.

 

Dalam festival itu, Grup Guyub Warga dari Desa Barepan, Kec-Cawas tampil juara I, juara II Grup Ngudi Lestari dari Desa Sobayan, Kec-Pedan, dan juara III Grup Manunggal Laras dari Desa Tambak, Kec-Karangdowo. (Merawati Sunantri-68; http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/18-grup-meriahkan-festival-gejog-lesung/)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita