logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Enam Kopi termahal di dunia(1/3)

Kopi Black Ivory(kompasiana.com)- Mama saya pecinta kopi. Dia tak pernah lepas dari (minimal) secangkir kopi hitam asli per harinya. Satu hari saja beliau tidak ketemu kopi, tubuhnya jadi lesu tak bertenaga plus uring2an. Biasanya beliau ngopi di siang atau sore hari setelah pekerjaannya selesai.

 

Berbanding terbalik dengan kopi hitam lokal yang biasa diminum mama (yang mudah dibeli di warung2 atau pasar tradisional terdekat berharga terjangkau), di dunia ini ada jenis2 kopi yang harganya sangat mahal. Meski dianggap tidak masuk akal, ada saja orang2 maniak kopi yang rela membelinya.

 

Umumnya karena memang punya cita rasa khas nan spesial yang memanjakan lidah, sehingga banyak yang rela berburu kopi-kopi ini sampai ke negara asalnya. Nah, jenis kopi apa saja yang dimaksud? Berikut daftar 6 kopi termahal di dunia dengan cita rasa spesialnya :

 

1-Kopi Black Ivory

Kopi Panama Hacienda Geisha Canas VerdesPernahkah dengar istilah kopi gajah? Kopi gajah lebih terkenal dengan sebutan Black Ivory. Jenis kopi dengan rasa mantap ini diproduksi dari biji kopi Arabika yang ada di negeri gajah, Thailand. Biji kopi ini dipetik dari ketinggian 1.524 mdpl yang kemudian diberikan ke gajah sebagai makanan.

 

Setelah dicerna, maka biji kopi itu dikeluarkan yang bercampur kotoran gajah. Dalam pengolahannya, kopi ini dipisahkan dari kotoran gajah. Prosesnya mirip kopi luwak. Karena pengolahannya tak mudah dan produksi terbatas (konon 32 kg biji kopi Thai Arabika hanya menghasilkan 2 ons black ivory), maka harga kopi ini melonjak  jadi US$50 setiap cangkirnya atau Rp 14,9 juta/kg.

 

2-Kopi Panama Hacienda Geisha Canas Verdes

Menyebutkan namanya saja sudah bikin lidah keseleo. Tapi bisa disingkat dengan kopi Geisha. Kopi ternama yang diproduksi dari hasil panen perkebunan Hacienda, Panama ini tak kalah menarik dengan kopi terkemuka lainnya. Selama sekitar 40-60 hari penyimpanan, kopi geisha ini akan menjadi matang namun belum akan dikirimkan.

 

Kualitas kopi ini memukau dan makin terkenal setelah memenangkan penghargaan2 di bidang kualitas kopi, salah satunya Roster’s Choice di SCAA (2007). Kopi ini ditawarkan sejumlah US$350 per pound. ( Arako; Bahan dari :  (https://www.kompasiana.com/arakoo/5aa7ca9edd0fa84af26398f2/masing-masing-unik-ini-daftar-6-kopi-termahal-di-dunia)-FatchurR  *** Bersambung……….

One Response to Enam Kopi termahal di dunia(1/3)

  • Harry Reksosamudraser. says:

    Yg menarik proses Kopi Gsjah, dr 32 kg biji kopi jadi 2 ons, mengapa bisa demikian ? Mungkin mbah Google bisa kasih pencerahan tp tdk semua netizen bisa tanya
    Alangkah baiknya jk pak Redaktur ceritakan, makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita