logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Dolan ke Banten(2/3)-Nikmati Sate Bandeng

sate bandeng serang(indonesiakaya.com)-Sate di nusantara umumnya memakai daging ayam, sapi atau kerbau sebagai bahan dasarnya. Tapi di Kota Serang, Banten, ada sate unik karena tidak berbahan daging ayam atau sapi tapi ikan bandeng sebagai bahan utamanya. Ini satu ciri khas kuliner Kota Serang : Sate Bandeng.

 

Sesuai namanya, sate ini pakai ikan bandeng atau yang bernama latin Chanos chanos. Ikan ini berduri yang banyak dan menempel pada bagian dalam dagingnya. Sehingga saat proses pembuatan sate, duri2 ini dihilangkan dulu. Cara ini juga yang dipakai pada abad 16 oleh juru masak Kerajaan Banten Girang saat pertama membuat sate bandeng.

 

Awalnya juru masak bingung saat ingin menyuguhkan hidangan ikan bandeng. Dirinya putar otak untuk meminimalisir duri yang tertanam di daging ikan. Tak habis akal, sang juru masak memukul ikan hingga dagingnya hancur dan terpisah dari kulitnya. Daging yang hancur itu dikeluarkan dengan mencabut tulang dari bagian bawah kepala. Ini untuk membuang duri2 halus di dalam ikan.

 

Daging ikan dicampur dengan santan dan bumbu rempah kemudian dimasukan kembali ke dalam ikan. Kulit ikan bandeng yang keras membuat ikan terlihat seperti utuh kembali, setelah itu ikan dibakar.

 

Hingga kini cara itu dipertahankan masyarakat Kota Serang. Bahkan sate bandeng jadi ikon khas saat ke Banten khususnya Kota Serang sebagai ibukota. Di pusat oleh2 kawasan Kota Serang banyak yang menjual sate bandeng sebagai hidangan untuk dibawa pulang.

 

Sate bandeng bisa tahan hingga mencapai 3 hari, hal ini membuat pecinta kuliner sering menjadikan sate ini sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat di rumah. (Riky IndonesiaKaya; Bahan dari : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/sate-bandeng-sate-khas-warga-serang)-FatchurR * Bersambung……..

3 Responses to Dolan ke Banten(2/3)-Nikmati Sate Bandeng

  • Sidharta says:

    Wah, sayang terlambat tahunya. Sdh tidak bisa nyicipi krn sekarang allergie dg bandeng dan sejenisnya. Pastine uenak iku cak Fatch.

  • Fatkhur Rochman says:

    Kalau saya dulu biasa mampir menikmati sate bandeng kalau ke Serang. Juga kadang2 di oleh2i

  • Harry Reksosamudra says:

    Sate ikan, yg sy sering mkn ikan bakar, rasa2nya tdk beda jauh, malah bumbu lbh meresap drpd disate.
    Hal bandeng, dikeluargaku yg kpl sukunya sy, menyukai menu garang asem bikinan nyonya, yg terkenal di Gresik, jg anak cucu menyatu bilang bgt, kuahnya ditambah rawit banyak plus kecap asin favorit sy. Lagi grarisan sih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita