logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Danau Toba Dan Legenda Ikan Mas

Danau Toba Dan Legenda Ikan Mas(news.detik.com)-JAKARTA; Danau Toba di Sumut memiliki legenda yang diceritakan turun temurun dari generasi ke generasi. Legenda Danau Toba tak lepas dari ikan mas yang banyak terdapat di sana.
Dihimpun berbagai sumber, alkisah petani bernama Toba sedang memancing di sungai. Dia sering memancing, namun belum dapat ikan beberapa waktu yang lama. Senang bukan kepalang Toba saat ada ikan mas tertarik kail pancingnya. Bergegas dia pulang untuk menyantap ikan mas itu.
Lama tak memasak ikan, dapurnya disiapkan. Ikan mas yang baru dipancing itu ditinggalkan di ruangan lain, Toba menyiapkan perlengkapan memasak. Toba kaget saat ikan mas yang membuatnya tak sabar ingin makan itu hilang. Ingin marah, tapi ke siapa karena dia tinggal seorang diri di rumah itu.
Tiba2 ada yang mengetuk pintu rumahnya. Sembari menahan lapar, Toba buka pintu. Dia terbelalak melihat dari atas ke bawah tamunya. Seketika laparnya hilang saat wanita cantik ada di hadapannya. Wanita itu jelmaan ikan mas yang ditangkap Toba. Wanita itu bersedia dinikahi Toba dengan syarat asal-usulnya tak diungkap. Toba berjanji akan merahasiakannya.
Mereka menikah dan dikaruniasi putra bernama Samosir. Saat Samosir tumbuh jadi anak2 yang bisa diminta bantuan, Toba meminta untuk selalu mengantar makanan ke ladang untuknya. Lama kelamaan Samosir bosan dan malas dengan tugas itu. Hingga suatu hari, makanan yang diantar Samosir untuk ayahnya tidak utuh. Samosir memakan sebagian makanannya sehingga ayahnya mendapat sisanya.
Toba marah bukan kepalang. Keluarlah dari mulutnya yang menyebut Samosir anak ikan. Tanpa sengaja, Toba mengingkari janjinya. Samosir pulang sambil menangis. Sang ibu tanya perihal yang membuatnya menangis. Berkatalah Samosir jika sang ayah marah dan menyebutnya anak ikan.
Hati wanita itu terpukul karena Toba, ingkar janji dengan menyebut asal usulnya. Wanita itu  menyuruh Samosir mencari pohon tinggi di tengah hutan karena badai akan datang. Ketika Samosir jauh dari rumah, wanita itu kembali jadi ikan mas. Badai datang dan membuat air sungai meluap luas. Toba yang ingkar janji tenggelam dalam luapan air tersebut.
Begitulah legenda Danau Toba yang masih diceritakan turun temurun hingga kini. Meski ada beragam versi, tapi garis besarnya sama. Terlepas dari legenda itu, di Danau Toba banyak terdapat ikan mas. Warga kerap menangkap ikan mas yang ada di Danau Toba.

 

Asal Usul Danau Toba Secara Ilmiah

Sejumlah pakar geologi pernah menulis dalam jurnal yang diterbitkan Michigan Technological University (MTU) tahun 1991 tentang proses terjadinya Danau Toba. Menurut kajian mereka, danau Toba terbentuk akibat letusan Gunung Toba ribuan tahun lalu.
Letusan Gunung Toba membentuk kaldera atau kawah yang luas. Pada letusan ke-3 atau sekitar 74.000 tahun lalu, kaldera ini membentuk Danau Toba. Saat ini Gunung Toba tidak lagi berbentuk gunung. Namun sisa2nya masih bisa dilihat, terutama di Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba.
Danau Toba kini jadi perbincangan. Itu tak lepas dari tragedy KM Sinar Bangun yang tenggelam pada Senin (18/6). (bag/fjp; Bagus Prihantoro Nufroho; Bahan dari : https://news.detik.com/berita/d-4076427/danau-toba-dan-legenda-ikan-mas)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita