logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Coffee Culture Fest untuk Mendongkrak Kopi Karanganyar Lawu

Coffee Culture Fest untuk Mendongkrak Kopi Karanganyar Lawu(suaramerdeka.com/travel)-KARANGANYAR, Belasan kedai kopi, berderet di sisi timur dan barat area Karanganyar Creative Space, di sebelah timur Taman Air Mancur Karanganyar, (2/3). Di area tengah, berdiri tenda dan deretan kursi, untuk duduk tamu yang akan ngopi bareng, malam itu.

 

Di kedai2, para barista sibuk meracik minuman bubuk hitam. Ada yang serius menggiling biji kopi, ada yang menyeduh, dibantu sejumlah kru yang menjerang air, atau menyiapkan piranti untuk acara ngopi bersama.

 

Keriuhan itu, bagian acara Coffee Culture Fest, yang digelar Pemkab Karanganyar bersama DPP Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Budaya Undip (IKA FIB Undip). Festival kopi, yang mengangkat citra Kopi Karanganyar Lawu, yakni varian kopi yang tumbuh di lahan2 pertanian di lereng Gunung Lawu, di wilayah Karanganyar.

 

Makin malam, banyak warga datang. Mereka ingin mencicipi citarasa kopi Lawu khas Karanganyar, yang pernah  terkenal di abad 18 karena bercitarasa khas. Mereka bisa menikmati varian kopi arabica dan robusta dari tanah Karanganyar, tanpa merogoh kocek. Malam itu, semua bisa minum kopi gratis, di acara yang juga dimeriahkan kontes barista dan bazar kopi.

 

Puncaknya, saat ratusan warga, bersama jajaran Forkopimda Karanganyar dan anggota IKA FIB Undip, mengangkat gelas kopinya, lalu menyeruput minuman berkafein itu bareng2. “Kopi Karanganyar Lawu, mantaaaappp,” teriak mereka berbarengan, usai menyesap kopinya.

 

Ketua DPP IKA FIB Undip Agustina Wilujeng Pramestuti bahagia, acara Coffee Culture Festival yang digagas alumnus FIB Undip bisa terealisasi. Saat IKA FIB Undip terbentuk pada September 2018, salah satu acara yang digagas membuat festival kopi.

 

“Tapi saat itu belum tahu, digelar di mana. Kami tak ingin festival digelar tak sekadarnya, tapi ada sesuatu yang menarik. Sampai bertemu dengan Kopi Karanganyar Lawu, yang punya sejarah panjang, tapi tenggelam dan kini bangkit lagi. Maka terwujudlah acara hari ini,” kata anggota Komisi IV DPR RI ini.

 

Dia harap, setelah festival kopi ini, pamor Kopi Karanganyar Lawu lebih dikenal. “Ini berdampak pada pelaku usaha, pemilik kedai, dan petaninya. Ada hal2 yang bisa digarap, membantu mereka agar usahanya lebih maju. Dari FIB Undip siap meneliti sejarah dan budaya kopi di Karanganyar, yang akan berguna untuk pengembangan kopi di sini,” ujarnya.

 

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengapresiasi gelaran festival kopi ini dan berencana menggelar acara serupa tak hanya setahun 1x, tapi dalam momentum2 tertentu. “Kopi ini menarik. Yang terlibat di usaha kopi ini anak2 muda, yang visioner menjalankan kedai kopi mereka, dan berhasil mengangkat Kopi Karanganyar Lawu, lebih dikenal,” tuturnya.

 

Pemkab siap membantu pengembangan kopi, agar produksi lebih meningkat. Misal membantu bibit tanaman kopi ke petani, untuk dibudidayakan. “Sebab, produksi kopi belum cukup untuk memenuhi pasar. Karena itu, bantuan bibit kopi diharapkan dalam beberapa tahun ke depan, produksi kopi Karanganyar makin luas dipasarkan. Dampaknya, pertumbuhan ekonomi bisa lebih baik,” imbuhnya.

 

Rusdi, pemilik brand kopi Ladang Hijau Agriculture menilai, gelaran festival kopi mendongkrak citra kopi Karanganyar. “Selama ini, Karanganyar lebih identik dengan teh. Padahal, kopi punya sejarah panjang, tapi kurang terekspos.

 

Diharap, dari acara ini, gairah kopi di Karanganyar makin baik. Potensinya bisa tergarap maksimal”. (Irfan Salafudin/CN26/SM Network; Bahan dari : https://www.suaramerdeka.com/travel/baca/171965/coffee-culture-fest-ikhtiar-untuk-dongkrak-pamor-kopi-karanganyar-lawu)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita