logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cobalah Soto Banjar-Kuliner di Banjarmasin

Cobalah Soto Banjar-Kuliner di Banjarmasin(travel.detik.com)-Saat ke Kota Banjarmasin, belum lengkap rasanya tanpa menikmati kuliner khasnya yang lezat-segar, yaitu Soto Banjar. Salah satu penjual soto yang terkenal akan kelezatannya : Soto Banjar Haji Anang.

Karena pada saat saya berkunjung ke Banjarmasin, bertepatan dengan hari Jumat, maka hampir seluruh rumah makan yang menjual Soto Banjar tidak membuka kedainya.

Untungnya selepas sholat Jumat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, saya berhasil menemukan satu warung yang buka dan terkenal kelezatan Soto dan Sop Banjarnya selama puluhan tahun, yaitu Soto Banjar Haji Anang Ayam Bapukah.

Bapukah menurut bahasa Banjar bermakna dipatahkan. Jadi ayam yang masak, dipatahkan dengan tangan oleh penjualnya. Selain Bapukah, ada istilah Bapulas, yang bermakna diputar. Jadi ayam akan diputar lebih dulu sebelum disajikan. Inilah yang membedakan soto Haji Asan dengan penjual lainnya.

Ayam dalam soto selain disuwir, kita bisa minta bagian ayam lain yang utuh, baik paha, dada ataupun sayap. Tidak heran, rasa soto ini begitu gurih dan segar, terlebih bila dinikmati pada musim hujan.

Kombinasi antara potongan telur, ayam, dan soun, diguyur dengan kuah panas, sungguh kombinasi pas. Tidak ketinggalan, sebagai pendamping Soto Banjar, tersedia juga sate ayam yang lembut, legit dan nikmat. Secara umum sate ayam disini tidak berbeda dengan sate ayam pada umumnya, namun bumbunya relatif lebih lembut.

Yang membedakan antara Soto Banjar dan Sop Banjar adalah pendampingnya. Jika Soto Banjar maka akan disajikan bersama ketupat, sementara Sop Banjar maka akan disajikan bersama nasi putih.

Soto Banjar Haji Anang memiliki cabang2 di Kota Banjarmasin, namun saya pilih datang ke kedai pertamanya yang terletak di Jalan Pekapuran. Warungnya sangat sederhana dan terletak di dalam sebuah gang yang sempit. Namun saat makan siang tiba, kedai ini selalu dipadati oleh pengunjung.
Rupanya saya beruntung, sebab saat singgah di kedai ini, saya bisa bertemu, mengobrol dan berfoto bersama Haji Asan yang sudah sangat sepuh. Kedai ini sendiri sudah dijalankan oleh anak-anak beliau. (Nfadils; Bahan dari : https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4335396/kulineran-di-banjarmasin-cobain-soto-banjar)-FatchurR *

One Response to Cobalah Soto Banjar-Kuliner di Banjarmasin

  • Harry Reksosamudra says:

    Soto Banjar, mmg terkenal lezat yg pernah sy mkn yg istimewa koyanya, lain dr yg lain, rasa rempahnya kuat tp campuran msg2 jenisnya serasa menyatu, gurih dilidah.
    Disebutkan BAPUKAH yg artinya leher ayam dipatahkan atau dipeluntir, tanpa disebutkan terlebih dahulu disembelih, artinya darah msh blm keluar tubuh.
    Sedang skrg dadih yg dl sering sy nikmati sdh tdk pernah kelihatan lagi, ya sesuai ajaran agama krn didlm darah itu ada nyawanya jd haram dimkn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita