logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cara berhemat budget wisata

travelingjalanKOMPAS.com – Para traveler yang berhasil keliling dunia kadang tidak punya banyak uang. Mereka hanya memiliki cara yang baik dalam ‘mengatur’ pengeluarannya selama perjalanan. Inilah sembilan cara yang dilakukan untuk menghemat budget liburan.

 

Berjalan kaki
Sediakan sepasang sepatu yang nyaman karena berjalan kaki merupakan cara yang baik untuk menghemat uang dan dapat membawa kita ke tempat tujuan yang baru. Menggunakan transportasi di daerah tujuan merupakan tantangan bagi budget liburan kita.

 

Pertimbangkan untuk mengeluarkan sedikit uang untuk akomodasi di pusat kota. Jangan sampai membayar orang untuk mengantarkan kita berkeliling kota. Jalan-jalan sendiri saja, selain menghemat uang juga bisa memperkaya pengalaman kita.

 

Pertimbangkan bandara alternatif
Ke mana kita akan pergi sama pentingnya dengan kapan kita pergi. Beberapa kota besar di Amerika dan Eropa menyediakan bandara alternatif yang biasanya digunakan pesawat kecil dan maskapai penerbangan murah untuk mendarat. Jika tujuan kita bukan berada di pusat kota, coba pertimbangkan menggunakan bandara alternatif dan booking penerbangan yang lebih murah.

 

Bawa barang secukupnya
Jika bisa membawa semua keperluan hanya dalam 1 tas, lakukanlah. Jika tidak cukup, coba pilah-pilih lagi mana yang kita butuhkan saat liburan dan mana yang tidak. Dengan membawa barang lebih sedikit, kita bisa menghemat uang karena tidak perlu membayar bagasi. Lebih baik sebelum packing, sudah membuat daftar barang apa saja yang harus dibawa.

Riset
Mengetahui tempat makan, tempat beli oleh-oleh, penginapan di tempat liburan jauh-jauh hari dapat menghemat budget liburan. Cari juga tempat wisata di kota/negara tujuan yang membebaskan biaya masuk. Saat ini sudah banyak website yang menyediakan informasi mengenai tempat wisata di suatu daerah.

Jangan pergi musim liburan
Untuk benar-benar menghemat budget liburan, yang harus dilakukan adalah menghindari pergi di musim liburan seperti long weekend atau liburan sekolah.

Berangkat pada hari biasa
Terbang di hari Selasa dan Rabu biasanya lebih murah dari hari-hari lainnya (kecuali kalau hari itu ada tanggal merah). Ingin merancang liburan seminggu? Biasakan memilih dari hari Rabu hingga Selasa depannya, jangan dari Senin hingga Minggu. Dengan cara itu, kita bisa lebih menghemat budget saat liburan.

Memberi batasan biaya
Salah satu hal penting untuk menghemat budget adalah membatasi biaya saat liburan. Termasuk biaya akomodasi, penerbangan, penginapan, dan sebagainya. Memang membutuhkan kesabaran dan tekad yang kuat. Kita harus bisa mengira berapa biaya yang dibutuhkan untuk liburan hemat. Cari tiket pesawat murah. Kalau perlu, gabung di e-mail maskapai penerbangan sehingga ketika mereka memberikan diskon kita langsung tahu.

Homestay, bukan hotel
Beberapa studi mengatakan kita bisa menghemat 30 hingga 40 persen ketika menginap di homestay daripada di hotel. Bisa dihemat lagi apabila kita makan di penginapan tersebut dan bukan di restoran. Beberapa penginapan ada juga yang menyediakan layanan laundry, jika ada, maka manfaatkanlah. Coba berbincang-bincang dengan pemilik rumah, siapa tau kita bisa dikasih diskon!

 

Bawa makan siang
Makanan merupakan ancaman bagi penghemat budget. Apalagi jika kita sering sekali lapar saat di perjalanan. Solusi mudahnya: coba bawa makan siang. Atau sarapan. Atau bisa keduanya. Ini bisa dilakukan jika kita menginap di homestay yang menyediakan dapur.

 

Namun, jika kuliner itu faktor penting bagi kita, siang hari boleh makan ‘mewah’, namun coba berhemat di malam hari dengan masak sendiri makanan kita. (Ni Luh Made Pertiwi F; Intisari.online; http://travel.kompas.com/read/2015/05/12/180600727/9.Cara.Menghemat.Budget.Wisata)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita