logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cantiknya Curug Cuban Rondo Ada Kisah Janda Menyayat

Cantiknya Curug Cuban Rondo Ada Kisah Janda Menyayat(lifestyle.okezone.com)-OBYEK wisata tak jarang menyelipkan kisah mistis atau sejarah jauh sebelum kehidupan ini ada. Mitos suatu tempat dipercayai dan jadi “alat” jualan lokasi wisata itu.

 

Tangkuban Perahu, Malin Kundang, Danau Toba, dll itu objek wisata yang terselip di kisah zaman dulu yang dipakai memberi pelajaran hidup masyarakat sekarang. Selain lokasi itu, di Malang, menjulang indah air terjun Curug Cuban Rondo. Di Air terjun ini ada mitos yang bisa miris mendengarnya.

 

Menurut suatu sumber, di balik air terjun yang indah ini, ada gua dan di dalamnya “hidup” puteri bernama Dewi Anjarwati dan dia di sana seorang diri. Kisah Dewi kemudian mengilhami nama air terjun di desa Pandesari, Pujon, Malang. Berikut Okezone ceritakan untuk Anda.

 

Alkisah, ada suami istri yang muda usia pernikahannya. Mereka berjanji dengan cinta dan kesetiaan. Hubungan pernikahan mereka romantis dan mulus. Dewi dari Gunung Kawi dan suaminya Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Mereka bahagia, berumah tangga harmonis. Sampai mereka berdua berencana liburan ke air terjun yang ada di Gunung Anjasmoro, daerah asal suaminya.

 

Orangtua mereka tidak menyarankan pergi ke sana. Alasannya, karena usia pernikahannya 36 hari. Orangtua zaman dulu selalu punya makna dalam kehidupan, tapi faktanya Dewi Anjarwati dan Raden Baron tetap pergi ke air terjun itu. Sampai mereka benar2 di area air terjun. Seketika, seorang pria bernama Joko Lelono muncul di momen romantis mereka. Joko melihat Dewi dan dia jatuh cinta.

 

Tanpa memperdulikan suaminya, Joko memancing Dewi untuk mau dengannya. Tapi, Raden Baron tidak membiarkan Joko mendekati istrinya. Dua pria itu berkelahi. Sebelumnya, Raden Baron minta pengawalnya menyembunyikan Dewi ke gua yang ada di balik air terjun tepat berada di depannya.

 

Pertengkaran  terjadi dan kedua pria itu tewas di lokasi. Dewi menunggu suaminya menjemput kembali, tapi itu hanya harapan. Sang suami tak datang selamanya. Dewi jadi janda di usia pernikahan muda dan sampai sekarang, banyak orang yang percaya kalau Dewi masih ada di gua di balik Curug Cuban Rondo.

 

Nama air terjun itu terinspirasi kisah Dewi Anjarwati ini. Cuban Rondo (Jawa artinya Air Terjun Janda). Saat Anda ke sana, ada batu besar di bawah kucuran air terjun. Beberapa orang percaya kalau batu tersebut adalah tempat Dewi Anjarwati menunggu sang suami sekarang. Percaya tidak percaya, begitulah kisah yang ada di balik Curug Cuban Rondo Malang. (hel; Muhammad Sukardi; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/04/26/406/2048593/di-balik-cantiknya-curug-cuban-rondo-terselip-kisah-janda-menyayat-hati)-FatchurR *

One Response to Cantiknya Curug Cuban Rondo Ada Kisah Janda Menyayat

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Legenda mithos suatu tempat wisata merupakan tradisi turun temurun, mungkin sekedar agar mudah diingat org.
    Kebanyakan berkisah yg berkaitan dg kehidupan manusia, mmg ada beberapa konteks mistis, etos heroik seseorg, semuanya disesuaikan dg keadaan tempatnya serta lingkungannya, shg masuk diakal mithos yg dikisahkan tsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita