logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Boyolali punya 6 Bangunan Ikonik

monumen susu tumpah boyolali(properti.kompas.com)-Boyolali, kota ini saya kenal dan saya lewati dari tahun 1978 hingga 1985 jika saya pergi ke Probolinggo dari Semarang. Doeloe perasaankuKota ini kecil, kini makin moncer namanya sejak elit2 menyambangi kota ini. Tapi monggo ikuti ikonik dari kota ini :

 

Tahukan Anda Kabupaten ini punya beragam pesona? Selain pemandangan alamnya, Boyolali terkenal sebagai sentra produksi susu terbesar di Jawa. Boyolali kini juga mulai dikenal dengan bangunan2 ikoniknya seperti: Sapi Ndekem Lingkungan pusat pemkab Boyolali yang berdaya tarik tersendiri.

 

Tak hanya sebagai tempat kegiatan pemangku jabatan, tempat ini juga menarik minat masyarakat. Di Boyolali terdapat bangunan ikonik sapi raksasa (Sapi Ndekem). Bangunan yang aslinya bernama Gedung Lembu Sora ini dibangun di lahan 18×12 meter.

 

Dikutip dari situs Pemkab Boyolali, gedung yang dibangun dengan Rp 2,7M,  untuk tempat penerima tamu. Di dalam “perut” sapi ada ruang seperti gedung bioskop. Pengunjung/tamu dapat menyaksikan video mengenai potensi di Boyolali, di bidang pariwisata, pendidikan, infrastruktur, dan potensi2 lain.

 

Monumen Susu Tumpah

Monumen susu tumpah ini ikon baru. Bentuknya pernah viral di medsos khususnya Instagram, karena berbentuk botol susu yang ditumpahkan isinya ke gelas. Monumen ini mengganti ikon sebelumnya : Tugu Jam. Monumen susu ini menguatkan kesan Boyolali Kota Susu dan mempercantik pusat kota.

 

Bentuk botol dan gelas dibuat dari bahan fiber. Bentuk air susu yang mengalir dibuat dari akrilik. Selain itu, monumen ini dikelilingi gentong susu untuk menguatkan kesan segar. Dilansir dari Tribun Jateng, pembangunan monumen ini berbiaya Rp 1,6M selama 4 bulan, dimulai Juli dan selesai Oktober 2018.

 

DOME Convention Hall

Gedung Serbaguna Balai Sidang Wahesa atau DOME Convention Hall ini gedung pertemuan berdesain unik di Boyolali. Gedung ini berbentuk kubah. Uniknya, struktur gedung dirancang berbentuk panggung. Dikutip dari Kantor Berita Antara, Balai Sidang Mahesa selain untuk pertemuan juga untuk berbagai kegiatan, seperti pameran, kesenian, dan acara lain.

 

Kantor Bupati Boyolali

Siapa pun yang ke Kantor Bupat Boyolali akan terpukau dengan bentuknya yang mirip Istana Merdeka. Bangunan yang disebut Gedung Putih ini digunakan untuk spot swafoto warga.

 

Kompleks Lima Rumah Ibadah
Kompleks 5 Rumah Ibadah ini di kawasan Mojosongo di area kantor Pemkab Boyolali. Menurut Bupati Seno Samudro, pembangunan rumah ibadah ini untuk mewujudkan kerukunan beragama. Kelima rumah ibadah ini  : Masjid, gereja, pura, dan wihara. Tak hanya sekedar simbol, kelima rumah ibadah ini juga digunakan untuk peribadatan masyarakat Boyolali.

 

Museum R Hamong Wardoyo

Bangunan 2 lantai ini tempat wisata dan edukasi : Sejarah dan keadaan Boyolali. Atap museum berbentuk piramid, terbuat dari kaca. Ini membuat gedung museum jadi bangunan ikonik di Boyolali. Ruangan museum dihiasi ornamen2 kayu. Tangga penghubung antar lantainya spiral. Di Sepanjang selasar tangga, kita dapat menikmati foto2 suasana Kabupaten Boyolali dalam berbagai sudut.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Tahukah Anda, Boyolali Punya 6 Bangunan Ikonik?”, Penulis : Rosiana Haryanti; Editor : Hilda B Alexander; Bahan dari : https://properti.kompas.com/read/2018/11/03/172018821/tahukah-anda-boyolali-punya-6-bangunan-ikonik)-FatchurR *

One Response to Boyolali punya 6 Bangunan Ikonik

  • Harry Reksosamudra says:

    Boyolali daerah terpencil diperbatasan Jateng/Jatim menjadi dikenal masyarakat negeri ini, akibat pidato Capres no 2 yg kontroversi, ternyata ada hikmahnya.
    Sy jd tahu ikon2 wilayah ini, salah satunya Bangunan ikonik sapi raksasa (SAPI NDEKEM) aselinya bernama Gedung Lembu Sora, didalamnya ada gedung bioskop buat melihat ikon2 diwilayah Boyolali yg banyak ragamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita