logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Berburu Menu Gulai & Roti Maryam di Ampel

VIVAnews – Ingin tahu menu favorit sekalian bisa untuk berbuka puasa di Surabaya? Datanglah ke kawasan Ampel. Di sini, ada gulai bercampur kacang hijau dipadu dengan roti maryam menjadi menu takjil paling dinanti selama Ramadan. 

 

Yang unik, tak seperti umumnya gulai, daging kambing disajikan berupa sate yang tidak dibakar namun dicampur minyak samin. Kacang hijau yang ada dalam gulai juga dipercaya dapat menghangatkan badan. Cara makannya, roti maryam disobek kemudian dicocolkan ke kuah gulai.

 

Sobekan roti maryam yang dilengkungkan bisa untuk menyendok gulai kacang hijau. Jari penikmatnya terasa lengket berpadu dengan gurih dan rasa hangat. Namun bagi yang terbiasa pakai sendok, gulai dan sobekan roti maryam bisa langsung disantap dengan aroma minyak samin bercampur hangat kacang hijau yang khas.

 

“Ini menu spesial yang tersaji di Ampel,” kata MH Buchori salah satu penjual gulai Ampel kepada  VIVAnews. Tak hanya dikenal di Surabaya atau Jawa Timur, namun pelancong mancanegara pun akan berburu menu ini saat berada di kawasan Wisata Religi Masjid Ampel.

 

Buchori mengaku, ia generasi ketiga yang menekuni profesi penjual makanan khas Ampel. Ia bercerita, meneruskan usaha almarhum neneknya, Sawati asal Bangkalan, Madura.Awalnya, usaha gulai dimiliki seorang India bernama Ami Ali, sekitar tahun 1960.

 

Dan, neneknya saat itu sebagai pegawai kepercayaannya.”Pada tahun 1970-an setelah berhenti dari majikannya, Sawati melanjutkan usaha itu hingga turun temurun ke anaknya dan kini saya,” ucap Buchori. Usaha gulai khas Ampel terus berkembang hingga kini memiliki empat warung dengan pegawai masing-masing tujuh orang.

 

Masing-masing terletak di Jalan KH Mas Mansyur, Jalan Panggung dan Jalan Iskandar Muda di kawasan Ampel. Jam bukanya setiap hari mulai pukul 03.00 WIB hingga tengah malam. Semakin lama pembeli terus membludak, dan menu yang disajikan sampai menghabiskan tujuh panci.

 

“Sekarang terus bertambah, banyak orang memburu makanan ini setelah usai salat tahajud, salat subuh, setelah salat isya dan sampai tengah malam lagi,” urainya. (Ary Tan-P65; dari grup sebelah)

One Response to Berburu Menu Gulai & Roti Maryam di Ampel

  • GoHwieKhing King Gaudi says:

    Saya pernah menikmati gulai ini. karena jagong sampai tengah malam. Ambil praktisnya langsung aja nginap di Hotel Kalimas milik WAHYUDDIN diseberangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita