logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Belanda-Pribumi dan Dua Alun2 Kota Malang(2/2)

Belanda-Pribumi dan Dua Alun2 Kota Malang(republika.co.id)- Sistem Alun2 di Jawa

Sisi barat dan timur lebih pada filosofi “neraka dan surga”. Semisal di sisi barat alun2 Kota Malang terdapat masjid dan gereja sebagai lambang hubungan ketuhanan. Dan di sisi timur, alun-alun saat itu terdapat penjara perempuan.

 

Menurut Devan, sistem alun2 di Jawa pada dasarnya demikian. Namun jika ditelisik lebih lanjut, ada hal yang janggal di sisi utara alun2 Kota Malang. Pendopo Pemkab Malang tidak lagi berada di sisi utara tapi geser ke timur.

 

“Kenapa pindah ke timur? Itu yang acak2 Belanda karena mereka tidak memikirkan konsep itu tapi lebih orientasi ekonomi. Mereka pindahkan pendopo yang saat ini jadi bangunan Sarinah ke sisi timur,” terang Devan.

 

Di sisi utara, Belanda mendirikan tempat hiburan Societeit Concordia. Tempat bermain billiar ini acap disebut “kamar bola” oleh masyarakat setempat untuk memudahkan pengucapan. Lokasi itu selanjutnya jadi tempat kongres Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) 1947.

 

Alun2 terus berkembang, lokasi yang semula untuk kepentingan Belanda mulai bergeser. Karena telah jadi pusat keramaian, alun2 seperti diambil-alih pribumi. Entah karena warisan karakter atau bukan, warga setempat mulai berdagang di kawasan ini.

 

“Lama kelamaan tampak kumuh. Yang dagang di situ ada sejak lama. Lah masa iya, ini alun2 atau pujasera? Sekarang diamankan (steril dari pedagang)” ujar Devan.  Penggusuran pedagang di alun2 sejak pemerintah Belanda. Mereka berulangkali melakukan tapi pedagang terus kembali menguasai kawasan. Hingga, Belanda mulai risih dan mendirikan kota madya atau praja Malang pada 1/4/1914.

 

Lokasi yang doeloe hutan mulai dipercantik dan dijadikan pusat perkotaan baru, Kota Malang. Di wilayah yang dipimpin wali kota berkebangsaan Belanda, mereka mendirikan balai kota, termasuk alun2 bundar di depannya. Alun2 konsep ini sekedar lapangan berbentuk bundar tanpa tugu sama sekali di masanya.

 

“Lalu didirikan HBS atau SMA-SMA Tugu kalau sekarang lokasinya. Terus ada pusat pertahanan (sekarang tempat KOREM dll). Ada Splendid Hotel dan stasiun kota baru untuk kereta. Di sini, Belanda mendirikan lokasi yang lebih eksklusif termasuk alun2 baru bundaran ini” jelasnya.

 

Penyebutan Tugu Malang hadir di masa pascakemerdekaan. Yang semula lapangan bundar berumput ini mulai dibangun tugu kemerdekaan di 17/8/1946. “Pak Karno bentuk tugu ini agar anak2 Malang memperingati kemerdekaan. Dan tugu ini sempat dibom di agresi militer lalu dibangun lagi dan terus diperbaiki hingga saat ini,” tutup dia.

 

(Rep: Wilda Fizriyani / Red: Agus Yulianto; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/19/01/04/pksnxb396-belanda-pribumi-dan-dua-alunalun-kota-malang)-FatchurR * Tamat…………

One Response to Belanda-Pribumi dan Dua Alun2 Kota Malang(2/2)

  • Harry Reksosamudra says:

    Dijadoel semua serba longgar lahannya, shg mau dibikin apa sj bisa, lain dg konsep Eropa/Barat, kota dibangun ditata lahannya sesiai zona peruntukkannya, berikut kapling tanahnya sdh ditentukan. Jd konsep ini hrs dilaksanakan secara tertib dan tdk ada perubahan lagi, oleh krnnya setlh terbangun, mmg semua serba tertata, tdk ada tambal sulam. Yg mengherankan, Belanda tdk melaksanakan konsep tertata spt di Eropa, jajahan yg lainnya khusus Indonesia nampak asal2an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita