logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Batik Roti Bekatul dan Kopi kosong di Galeri UKM Jateng

Batik Roti Bekatul dan Kopi kosong di Galeri UKM Jateng(semarang.bisnis.com)-SEMARANG; Galeri UKM Jateng di Bandara Ahmad Yani Semarang menawarkan produk2k. Bahkan, ketika memasuki galeri pengunjung akan disuguhi keindahan pernak-pernik dan buah tangan khas Jawa.

 

Memasuki Galeri UKM Jateng pengunjung akan lihat roti bekatul. Kuliner unik ini paling menarik perhatian penumpang pesawat yang ke Galeri UKM Jateng. Bekatul itu bagian terluar dari bulir beras terbungkus sekam. Selain serat, kandungan gizi bekatul : Vit-B1, pati, mineral, dan protein.

 

Beda dengan terigu, menurut pembuat bekatul susah2 gampang diolah jadi roti. Takarannya harus pas, sebab bila tidak, rasanya gak enak. Nika Mustikayani pramuniaga di Galeri UKM Jateng mengatakan roti ini asli Pedurungan Semarang. Roti ini menggunakan fruktosa atau zat pemanis buah.

 

Selain itu, roti ini pakai minyak kelapa dan madu dalam pembuatannya menggantikan margarin. Roti bekatul itu sehat dan aman dikonsumsi. “Pengunjung hanya bayar Rp10.500 untuk bisa menikmati gurih dan lezatnya roti asli Semarang ini” katanya (7/3/2019).

 

Bergeser ke sudut kiri, pengunjung Galeri UMKM Jateng menemukan batik ber-macam2 motif dan ukuran serta warna-warni kain yang terang menarik perhatian. Biru kuning, coklat, dan kain2 batik aneka warna dan motif tertata rapi di salah satu sudut ruangan. Beberapa ditata berjejer digantung beberapa lainnya disusun secara rapi.

 

Pada sudut lain, kain2 batik disusun dari atas ke bawah. Motif2 unik khas batik Jateng seolah menarik perhatian siapapun yang memasuki salah satu sudut galeri. Nuansa semakin lengkap dengan suasana khas Jawa yang terasa. Pintu dengan ukiran2 tampak serasi dengan batik berjejer dan siap untuk dibeli.

 

“Ya disini banyak pengunjung tertarik dan beli batik khas seperti, Pekalongan, Solo, Kudus, dan Jepara”. Bergeser ke sebelah kanan ada kopi Posong khas tertata rapi. Kopi Tlahap atau dikenal dengan Kopi Posong yaitu nama tempat wisata di wilayah Tlahap lebih populer lagi setelah film Filosofi Kopi mengambil latar lokasi syuting di area perkebunan kopi desa ini.

 

Kopi kelas dunia, Temanggung kabupaten di tengah2 pulau Jawa. Daerah ini terkenal mempunyai tanah subur. Terdapat 3 gunung yang jadi wilayahnya : Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau.

 

Kualitas kopi Temanggung mulai dikenal dunia. Tahun 2016 kopi Temanggung diapresiasi bagus di ajang Speciality Coffee Association of America. Demi mutu kopi, mulai pemetikan biji kopi harus diperhatikan. Kopi yang bagus itu kopi yang dipetik merah dengan kata lain kopi yang di petik adalah kopi yang sudah masak dan masak pohon.

 

“Di sini banyak orang beli kopi posong, karena mereka tau citarasa kopi¬† nikmat dan harga terjangkau,” katanya. (Miftahul Ulum; Alif Nazzala Rizqi; Bahan dari : https://semarang.bisnis.com/read/20190308/536/897248/uniknya-batik-roti-bekatul-dan-kopi-posong-di-galeri-ukm-jateng)-FatchurR *

4 Responses to Batik Roti Bekatul dan Kopi kosong di Galeri UKM Jateng

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Temanggung, disebut nama desa ini, mengingatkan sy ditahun 1960an kala msh SMP, ada langganan palawija yg kulak dr papaku, panggilannya ncik Ai Tiauw orgnya kecil ramping nampaknya gesit tindak tanduknya.
    Dia yg bawa contoh kopi Temanggung sbg perkemalan rasa katanya, sy tdk tahu terjadi transaksi ato tidak, krn di Prob biasa kulak dari Bremi, Lumajang kadang Dampit.
    Ternyata kopi Temanggung skrg mendunia yg baru tahu dari Web cak FR ini.

  • Fatkhur Rochman says:

    Maka silahkan dicari dan dicoba. Tidak dilarang mengajak teman lho

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Iya Cak, tunggu diajak Cik Jenny, saat ke Trenggalek Pasir Putih kan dekat ke Temanggung meski masih kira2 150 km.

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Tidak dinyana artikel ini nyelonong kembali, melihat judul kan baru kenarin komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita