logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Indonesia dikarunia begitu banyak sungai yang membentang hampir di semua pulau, besar kecil, panjang dan pendek. Inilah 7  sungai yang paling panjang yang terdapat di Indonesia. Ternyata tiga di Kalimantan, 2 di Sumatera, 1 di Papua, dan 1  di Jawa.

Sungai Kapuas

1. Sungai Kapuas (Kalimantan)
Sungai Kapuas atau Sungai Batang Lawai merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.143 km. Sungai ini terdapat di provinsi Kalimantan Barat. Sungai Kapuas mempunyai hulu di Pegunungan Muller dan mulut sungainya (muara) terdapat di selat Karimata dengan melintasi kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Melawi, Sintang, Sekadau, Sanggau, Landak, Kubu Raya, hingga membelah kota Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat.

Sungai Mahakam

 

2. Sungai Mahakam (Kalimantan)
Sungai Mahakam menjadi susngai terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang total 920 km. Sungai yang terdapat di Kalimantan Timur dan bermuara di Selat Karimata ini melintasi Kabupaten Kutai Barat dan Kutai Kartanegara. Bahkan sungai Kapuas juga melintasi dan membelah Kota Samarinda, ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Sungai ini pula menjadi habitat salah satu ikan yang sekaligus mamalia air tawar paling langka yakni Pesut Mahakam. Pada aliran sungai Mahakam juga terdapat Danau Cascade Mahakam.

Sungai Barito

3. Sungai Barito (Kalimantan)
Sungai Barito atau Sungai Dusun, Sungai Banjar Besar, atau Sungai Banjarmasin dan terkadang disebut juga sebagai Sungai Banjar dan Sungai China. Merupakan sungai terpanjang ketiga di Indonesia dengan panjang mencapai 900 km. Sungai Barito berhulu di Pegunungan Muller dan bermuara di Laut Jawa dengan melintasi provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Sungai Batanghari dan Jempatan Gentala Arasy di Jambi

4. Sungai (Batang) Hari (Sumatera)
Sungai Hari atau Batang Hari merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera dengan panjang mencapai 800 km. Sungai Batanghari berhulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Selat Berhala, Jambi. Sungai Batanghari melintasi provinsi Sumatera Barat dan Jambi yang meliputi Kabupaten Solok, Solok Selatan, Dharmasraya, Bungo, Tebo, Batang Hari, kota Jambi, Muaro Jambi, dan Tanjung Jabung Timur.

Sungai Musi dan Jembatan Ampera, Palembang

5. Sungai Musi (Sumatera)
Sungai Musi disebut juga sebagai Batanghari Sembilan (yang berarti: sembilan sungai besar). Panjang sungai Musi mencapai 750 km yang membelah provinsi Sumatera Selatan dari timur ke barat termasuk membelah kota Palembang, ibu kota Sumatera Selatan. Bagian hulu (sumber air) Sungai Musi berada di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu dan bermuara di Laut Bangka.

Indahnya Sungai Mamberamo

6. Sungai Mamberamo (Papua)
Sungai Mamberamo merupakan sungai terpanjang di Papua dengan panjang sungai mencapai 670 km. Terletak di kabupaten Sarmi disebelah selatan Pegunungan Foja dan bermuara di Tanjung D’Urville di pesisir utara Pulau Papua yang berbatasan dengan samudera Pasifik. Sungai Mamberamo mempunyai berbagai lembah yang kaya akan keanekaragam hayati dan menjadi tempat mukim berbagai suku terasing sehingga dijuluki ‘Amazonnya Papua’.

Sungai Bengawan Solo

7.Sungai Bengawan Solo (Jawa)
Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa dengan panjang mencapai 548 km. Hulu Bengawan Solo terdapat di daerah Pegunungan Kidul di Wonogiri, Jawa Tengah dan bermuara di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Daerah yang dilewati sungai ini di antaranya Kabupaten Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten, Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik.

Sedikit catatan untuk panjang masing-masing sungai dari ke-7 sungai terpanjang tersebut mungkin masih menjadi perdebatan dan perbedaan. Ini dimungkinkan lantaran tidak adanya data valid tentang panjang masing-masing sungai. Atau bisa jadi saya yang tidak mengetahuinya.

Sebagai bangsa Indonesia sudah selayaknya kita bangga dengan kekayaan alam kita yang salah satunya adalah dikaruniai ratusan sungai yang terdapat di seluruh penjuru Indonesia. Berbangga tentunya diikuti oleh dua hal; pertama musti mengenal terlebih dahulu, dan kedua, siap untuk menjaga dan melestarikannya. Dengan demikian, sungai-sungai terpanjang ini akan tetap memberikan berkah pada seluruh rakyat Indonesia, bukan bencana.

(alamendah.org)

2 Responses to 7 Sungai Terpanjang di Indonesia

  • GoHwieKhing King Gaudi D50 sampai A60 says:

    Kita punya negeri yang kaya dengan masyarakat bangsa yang sangat ramah berbudaya luhur. Sayang Pengelola Negaranya terlalu banyak dikuasai orang busuk, memperkaya diri duluan, lupa tugas mencerdaskan dan mensejahterakan Bangsa. Yang kita miliki jadi objek jarahan Penguasa dan Pengusaha Bajingan,

    Memelihara kekayaan alam dari TUHAN serta usaha maju tinggalan Belanda saja tidak dilakukan dengan niat tulus oleh otak yang saya yakin cerdas tapi busuk.
    Lihat Bengawan Solo, jadi apa? Hutan Hutan jadi padang ilalang dijarah. Penghuni asli malah tergusur. Jembatan Ampera, rusak karatan. Kata pengelolanya karena sering dikencingi orang yang lalu lalang. Alasan ini malah menunjukkan picik liciknya mereka yang semestinya mengelola, malah melakukan pembiaran.

    Semoga kita yang sudah tua ini masih nututi Indonesia Raya maju Mandiri Berdikari setara Bangsa Besar dinunia.

  • Sungai terpanjang di indonesia mungkin sungai musi…udah lupa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita