Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Woman SmokingMenjaga kesehatan tidak hanya memerhatikan jenis makanan. Anda harus memerhatikan apa saja yang harus dilakukan dan harus ditinggalkan selepas makan. Jika diperhatikan dengan baik, yang sebaiknya ditinggalkan itu, Anda akan merasakan manfaat lebih dari makanan yang Anda konsumsi.

1. Merokok
Merokok merusak tubuh apalagi jika hal ini dilakukan setelah makan. Hasil penelitian, mengisap satu batang rokok setelah makan sama dengan merokok sepuluh batang. Sehingga, kemungkinan terserang kanker jauh lebih besar.

2. Makan Buah
Kebanyakan orang makan buah setelah makan, dianggap sebagai tradisi dan diyakini buah sebagai hidangan cuci mulut. Mengkonsumsi buah setelah makan membuat perut penuh udara alias kembung.
Cobalah mengonsumsi buah dengan jeda waktu 1-2 jam setelah makan. Jangan mengonsumsi buah satu jam sebelum makan, akan membuat perut Anda kenyang.

3. Minum Teh
Daun teh mengandung asam tinggi. Ini menyebabkan kandungan protein dalam makanan sulit dicerna. Minum teh setelah makan menyebabkan hambatan terhadap penyerapan zat dalam tubuh hingga 80%. Seperti kita ketahui, zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia.

4. Mengendurkan Ikat Pinggang
Ini sepele tapi sering dilakukan. Mungkin maksudnya agar makanan yang masuk lebih banyak dan tidak merasa begah. Mengendurkan ikat pinggang dapat menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

5. Mandi
Walau tak banyak yang melakukan, kadang ada yang berpikir mandi selepas makan. Pagi hari kebanyakan ada yang memilih makan dulu baru mandi. Alasan setelah makan pasti perut menjadi penuh dan hasrat ingin buang hajat lebih besar. Sehingga Anda pikir mandi sekalian BAB.

Mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.

6. Berjalan -jalan
Mungkin Anda mendengar bahwa orang yang sedang lomba gerak jalan-lari marathon tiba-tiba muntah ditengah jalan. Itu adalah alasan Anda tidak boleh langsung berjalan apalagi lari setelah makan. Berjalan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang Anda makan.

7. Langsung Tidur
Yang paling sulit dihindari adalah kantuk setelah makan, jika makanan yang baru dikonsumsi sangat mengenyangkan. Cobalah tidak mengikuti rasa kantuk Anda. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

8. Minum Air dingin
Hal terakhir ini yang banyak tidak disadari oleh masyarakat adalah minum air dingin. Suhu dingin akibat es yang berkondesasi dengan air dapat membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak (lemak akan terbekukan). Hingga pada akhirnya lemak itu bisa tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan dan berujung pada kegemukan. Nah, untuk itu mulai saat ini cobalah ganti air es yang biasa Anda minum dengan minum air hangat. (Suhirto M; sumber: konsul dokter; dan http://lifestyle.okezone.com/read/2009/10/05/27/262774/8-larangan-setelah-makan/large)-FR

6 Responses to Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

  • Harry Reksosamudra says:

    Risalah diatas selalu jd topik menarik sepanjang masa krn berkenaan dg yg harus dikerjakan 3 x setiap harinya yg akan terus terjadi jk ditemukan teori2 baru adalah sebagai berikut :
    1. MEROKOK : riskan jk nilainya 10 x dr waktu biasa
    padahal plg nikmat jk stlh mkn pedas2

  • Harry Reksosamudra says:

    2. MAKAN BUAH : teori lama stlh mkn nasi yg jk di analisa dr pelumatan buah lbh dl demikian pula proses pembusukannya shg mengganggu pelumatan nasi yg msh dlm proses jd terhalang
    3. Minum teh dlm jumlah wajar pd saat yg tepat baik tetapi jk berlebih residu teh bertumpuk itu masalah (5)+(8). Mandi dan minum air dlm jmlh banyak stlh mkn (

  • Harry Reksosamudra says:

    2. MAKAN BUAH : teori lama stlh mkn nasi yg jk di analisa dr pelumatan buah lbh dl demikian pula proses pembusukannya shg mengganggu pelumatan nasi yg msh dlm proses jd terhalang
    3. Minum teh dlm jumlah wajar pd saat yg tepat baik tetapi jk berlebih residu teh bertumpuk itu masalah (5)+(8). Mandi dan minum air dlm jmlh banyak stlh mkn (terlebih jk air dingin pake es) yg dpt dianalogikan spt mesin motor atau mobil panas yg tersiram air dingin beresiko rusak dll
    Sama dg maag yg dlm proses pelumatan jd hangat bisa diraba dg tangan berasa terus kena dingin shg prosesnya berulang dr awal akibatkan kerja berat

  • Mayasari says:

    Lha makan buah ini yg salah kaprah. Sudah jadi kebiasaan dari jaman dulu kl makan buah setelah makan. Tetapi sekarang dianjurkan makan buah harus seblm makan. Susah mmg utk merubah habit ini tetapi skr mau ndk mau dipaksakan.
    Jiga kebiasaan minum air dingin setlh makan jadi kebiasaan. Tetapi krn bny yg bilang tidak baik jadi skr diubah. Selalu minum air hangat setlh makan. Bahkan teman anjurkan utk minum air hangat 2 gelas setlh bangun pagi langsung. Yah kita ubahlah demi kebaikan kita.

  • Mayasari says:

    Yang lain saya serahkan sdr FR dan HRS yg mengupas lbh lanjut.

  • Harry Reksosamudra says:

    Wah thanks Maya sy dipercaya tp getuk tular sy lbh yakin sang motivator cak FR lbh meyakinkan monggo silahkan dilanjut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita