logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tidak berhenti belajar

Syahreza, Direktur Operasi Batik AirSebagai seorang pilot aktif, Syahreza, direktur operasi Batik Air kini sudah memegang lisensi penerbangan dari 8 negara. Kendati demikian, seperti peribahasa padi yang kian berisi kian merunduk, pria (41 tahun) ini tidak pernah merasa dirinya seorang yang hebat.

 

Menurut Syahreza, di atas langit masih ada langit. Karena itulah, dia tidak pernah mau berhenti untuk belajar guna menambah wawasan serta memperluas pergaulannya.

 

“Memang, jarang pilot di Indonesia yang punya lisensi dari delapan negara. Tetapi, semakin banyak lisensi yang dipegang, semakin saya merasa bodoh,” kata Syahreza di Jakarta, baru-baru ini.

 

Lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug ini juga mengaku tak pernah lupa untuk membagi segenap ilmu yang sudah diperoleh dan dimilikinya kepada sesama penerbang. Syahreza memang sangat berpengalaman sebagai pilot karena tercatat sudah terbang lebih dari 10.000 jam.

 

Selain itu, Syahreza merupakan seorang pilot yang pernah menerbangkan pesawat milik maskapai penerbangan Eropa, yaitu Swiss Air. Dia juga sempat bergabung dengan maskapai dari Timur Tengah, Qatar Airways.

 

Berbagi ilmu, katanya, mempunyai satu tujuan utama, yakni mewujudkan tingkat keselamatan penerbangan di Indonesia yang semakin baik dan sesuai dengan standar internasional.

 

Dia jelaskan tentang perbedaan industri penerbangan di negara maju dengan di Indonesia. Di negara maju, semuanya sudah stabil dan nyaris sempurna, baik itu dari segi sarana infrastruktur maupun teknologi komunikasinya. “Kalau di sini kan fasilitas navigasinya saja masih sangat berat,” paparnya.

 

Syahreza pun punya harapan besar kepada Menhub Ignasius Jonan dan jajarannya dalam upaya meningkatkan kualitas keselamatan penerbangan di Tanah Air. Dia menilai, Jonan dan Dirjen  Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo merupakan dua sosok pejabat yang fokus pada upaya perbaikan keselamatan penerbangan dan berlalu lintas. “Mudah2an, itu bisa terlaksana (peningkatan keselamatan, Red),” harapnya.

 

Etos Kerja
Tak lupa, Syahreza juga selalu berupaya menularkan filosofi hidupnya yang tidak pernah merasa hebat kepada anak buahnya. Dia mempunyai cara tersendiri untuk menginjeksi dan menanamkan pemikiran itu, yakni dengan turun langsung ke lapangan.
Dengan demikian, anak buahnya diharapkan bisa memeroleh pemikiran dan perilaku yang lebih baik. Paling tidak, anak buahnya akan melihat bahwa atasannya masih tetap mau turun ke lapangan, meskipun terkadang tidak terlalu perlu dilakukan.

 

Dari kebiasaannya itu, dia berusaha mengubah etos kerja karyawan. “Dengan melihat pemimpinnya mau terjun langsung ke lapangan, setidaknya membuat mereka lebih sadar, tidak hanya berorientasi pada materi saja. Jadi, kalau membersihkan pesawat, ya kita bersihkan pesawat bersama” tambah ayah dari dua anak ini.

 

Ke depan, Syahreza sebagai direktur operasi ingin mempertahankan Batik Air sebagai maskapai berkonsep full service, yang sudah dicapai hanya dalam kurun waktu dua tahun. Hal tersebut diakui penyuka olahraga offroad ini tidaklah akan mudah.

 

“Salah satu alasan mengapa di Batik Air adalah background saya pernah bekerja di maskapai full service. Batik Air butuh dua tahun untuk mencapai itu. Mungkin tidak melampaui Garuda, tapi kami berharap sudah bisa menyamai. Sejauh ini, para penumpang sudah suka,” pungkasnya. (Thresa Sandra Desfika/AB; http://m.beritasatu.com/figur/305873-tak-berhenti-belajar.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita