logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Sniper tanpa awak dibuat oleh Mahasiswa Surabaya

mahasiswa-surabaya-buat-sistem-sniper-tanpa-awakSURABAYA – Sniper biasa membidikkan senjatanya tepat meski dari jarak jauh. Tapi, senjata sniper yang satu ini bisa mengenai sasaran meski tanpa prajurit yang memegangnya langsung.

 

Inovasi senjata sniper tanpa awak ini merupakan buah karya seorang mahasiswa semester akhir program studi TI Fakultas Teknik Untag Surabaya Achmad Jainuddin. Cowok yang bercita-cita menjadi anggota TNI itu membuat sistem kontrol khusus agar senapan laras panjang mampu membidik sasaran dengan tepat.

 

Uniknya, senapan tersebut dijalankan dari jarak jauh dengan mengunakan telepon genggam atau joystik playstation. “Tidak perlu ada prajurit yang langsung memegang dan menarik pelatuk,” kata Achmad.

 

Achmad melakukan penelitian menggunakan senapan angin sejak April 2015. Pemuda 23 tahun asal Gresik, Jawa Timur itu membuat tempat khusus senapan sniper. Wadah tersebut mampu mengerakan senapan ke samping kanan dan kiri serta ke atas dan bawah.

 

Sementara untuk membidik, Achmad mengunakan lensa teleskop yang dihubungkan dengan kamera. Melalui sambungan saluran wi-fi kamera di senapan dihubungkan dengan kamera telefon seluler agar pembidik bisa melihat sasaran.

 

“Saya menggunakan sistem microcontroller yang dikoneksikan dengan joystick playstation untuk menarik pelatuk,” imbuhnya.

 

Cowok pecinta film aksi itu menjelaskan, untuk menggunakan sistemnya, peluru terlebih dahulu diisi ke senapan kemudian tekan tombol power. Operator lalu mengarahkan bidikan sasaran melalui smartphone sebagai layar pengintai.

 

“Jika sudah tepat, tekan tombol x pada joystick dan dor! Pelatuk akan tertarik otomatis,” ujarnya.

Begitu tombol ditekan, peluru seketika itu juga meluncur. Achmad mengklaim, akurasi tepat sasaran mencapai sekira 75 persen. (rfa / ful; Rahmad Ilyayan; http://m.okezone.com/read/2015/08/12/65/1194657/mahasiswa-surabaya-buat-sistem-sniper-tanpa-awak?utm_source=news_bt)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita