logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pertama 4 sekolah di Indonesia ikut Skype a-Thon dunia

Merdeka.com – Skype-a-Thon adalah acara tahunan Microsoft yang menghubungkan ruang kelas dari berbagai belahan dunia. Kali ini, Indonesia pertama kali berpartisipasi acara itu.

 

Ada 80 peserta dari 4 sekolah di Indonesia berpartisipasi di acara Skype-a-Thon ini : Sekolah Springfield Permata Buana, SMP Al-Azhar Pusat, SMPN 12 Yogya, dan Sampoerna Academy Bogor. Terhitung 3-4/12/15, Skype-a-Thon menempuh 3.046.124 mil perjalanan virtual di Indonesia. Angka ini menunjukkan jarak yang ditempuh antara para pengguna Skype selama Skype-a-Thon.

 

“Sejalan misi Microsoft memberdayakan tiap murid di dunia agar mampu melakukan hal2 lebih baik, Microsoft mengadakan Skype-a-Thon untuk mendorong proses belajar mengajar tanpa batasan ruang dan waktu. Literasi teknologi yang meningkat dan infrastruktur yang memadai membuka peluang Indonesia makin terekspos dengan pendidikan berbasis TI” ujar Benny Kusuma, Education Lead, Microsoft Indonesia.

 

Acara Skype-a-Thon ini dimulai proses belajar mengajar yang melibatkan pembicara dari kota atau negara lain. Springfield Permata Buana yang pertama melakukan Skype-a-Thon dengan Anthony Salcito, selaku VP of Worldwide Education, Microsoft. Skype-a-thon di Indonesia 2015 Merdeka.com

 

Kegiatan Skype-a-Thon di Springfield School menembus 8.400 mil perjalanan virtual antara Kedoya, Jakata dengan Redmond, AS. Jarak ini terbukti tak masalah karena komunikasi yang terbangun bersifat dua arah dan mampu menghadirkan pengalaman belajar berbeda.

 

SMPN 12 Yogya berkesempatan untuk Skype-a-Thon dengan Andreas Diantoro, Presdir, Microsoft Indonesia. Mereka membahas topik ‘Mengembangkan Passion Menjadi Karir’. Acara Skype-a-Thon ini menghadirkan 400.000 pengajar dari 265 negara menggunakan Skype penghubung siswa dengan para ahli di berbagai negara.

 

Para pengajar bisa melakukan wisata virtual yang bisa mengembangkan imajinasi siswa serta bisa menghubungkan ruang kelas dengan ruang kelas di berbagai negara melalui #Mystery Skype. (LAR; http://www.merdeka.com/teknologi/untuk-pertama-kali-4-sekolah-di-indonesia-ikut-skype-a-thon-dunia.html)-FatchurR

 

Catatan : Kapan rek Sekolah kita MDP, melu2 metungul berprestasi serupa? (FR)

————–

 

  1. Pelajar SMP Indonesia raih 3 emas Catur di Malaysia
  2. Metode Afsel ampuh padamkan kebakaran hutan
  3. Gubernur jujur membuat malu Pengusaha

—————

 

Pelajar SMP Indonesia raih 3 emas Catur di Malaysia

Jakarta- Tim catur SMP Indonesia kembali meraih 3 medali emas pada The 7th Penang Heritage City 2015 di Penang, Malaysia yang diselenggarakan 5 hari mulai 7-12/12/15. Turnamen Penang ini diikuti 11 negara. Jumlah peserta 190 orang. Negara yang terlibat diantaranya : Malaysia, AS, Korea, Singapura, Sri Lanka, Filipina, Inggris, Perancis, India, Australia dan Indonesia.

 

Direktur Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen Kemdikbud Supriano mengatakan, tiga medali emas diraih masing2 oleh Muhammad Khairul Umam sebagai juara 1 kategori Champion, Syiffa Akiyya Sari kategori the Best 14 tahun dan Evi Yuli Ana kategori the Best Lady.

 

“Keberhasilan tim catur SMP kali ini merupakan peningkatan prestasi dari tahun 2014. Sebelumnya, Indonesia berhasil meraih 2 emas dan 1 perunggu dalam event World School Chess Championships 2014 di Brazil,” kata dia melalui siaran pers yang diterima Minggu, (13/12)

 

Ini keberhasilan tim pelajar SMP Indonesia bidang OR karena selain catur sebelumnya mereka peroleh medali 4 emas dari cabang Karate. Sehingga 2015 terkumpul 7 medali emas Tim Pelajar SMP yakni dengan prestasi 4 emas dari tim karate di Luxemburg dan 3 emas dari tim catur di Penang, Malaysia.

 

Supriano mennyebut, kompetisi kali ini, Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen mengirim 6 siswa yang merupakan peraih medali emas, perak dan perunggu pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2015 yang diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

 

Nama2 siswa SMP itu : Muh. Khoirul Umam, pelajar SMPN 1 Kembangbahu, Jatim, Evi Yuli Ana, SMPN 32 Semarang, Jateng, Muh. Sultan, SMPN 4 Balikpapan, Kaltim, Syifa Akiyya Sari, SMPN 3 Sleman , DIY, Alberto Pramana Martin Silaen, SMPN 7 Bandung Jabar dan Gracelia Paramesthi Samekto, SMPN 1 Kuta Utara, Bali.

 

Supriano mengatakan, sebelum diberangkatkan Tim catur SMP dibekali tim Percasi di Jakarta yang diketuai Hendry Jamal selama dua minggu pada November lalu. (Maria Fatima Bona/FMB; BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/lainnya/330891-tim-catur-pelajar-smp-indonesia-raih-3-emas-di-malaysia.html)-FatchurR

————

 

Metode Afsel ampuh padamkan kebakaran hutan

JAKARTA-Metode “paku bumi” yang dilakukan tenaga ahli Afsel ampuh memadamkan kebakaran hutan-lahan. Menurut Kepala BNPB Willem Rampangilei sudah diujicoba di Ogan Komering Ilir, Sumsel, di ma. Metode ini berhasil menekan secara drastis titik api di kawasan konsensi Air Sugihan‎.

 

‎”Saya terkesan, lihat langsung cara tenaga ahli Afsel memadamkan api. Metodenya disebut paku bumi sama tenaga kerja Indonesia, ke depan model ini diadopsi,” kata Willem (11/11). Metode ini dilakukan 65 tenaga ahli Afsel yang didatangkan APP Sinar Mas (6/11). Mereka dari perusahaan profesional Working on Fire berpengalaman menangani kebakaran dalam cuaca ekstrem di hutan Afrika.

 

Dalam metode itu, tenaga ahli menggunakan pipa sepanjang 1,5 meter; Ø 15 cm yang mengalirkan air ke dalam tanah. Air ini dicampur cairan kimia sehingga efektif memadamkan bara api di lahan gambut. Awalnya, tenaga ahli ini memilih lokasi yang akan diinjeksi menggunakan kamera geothermal untuk mendapatkan data kondisi suhu.

 

“Dari lokasi yang akan dipilih ini, rata2 bersuhu 120-240®C, kemudian dipilih lokasi bersuhu 180®C untuk persentase. Pipa dimasukkan ke tanah, lalu dimasukkan air, tak berapa lama bunyi keluar dari tanah tanda uap air muncul. Lalu setelah dicek, benar, suhu turun jadi 50®C, artinya kebakaran di bawah tanah padam,” beber Willem.

 

Menurut Willem, metode ini sangat efektif untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan kategori masif yang sudah menyebar karena langsung menuju ke titik api. Alat pipa injeksi bisa mengatasi untuk areal terbakar seluas 100×25 meter dengan waktu pemadaman total selama enam jam.

 

Tapi, untuk mengatasi kebakaran yang baru terjadi, lanjut Willem, yang efektif penyemprotan langsung oleh personel darat dan bantuan armada udara. “Ke depan, Indonesia mengadopsi metode tenaga ahli Afsel ini karena tidak perlu teknologi tinggi. Ini akan digunakan di seluruh daerah, untuk saat ini Sinar Mas sendiri sudah memperbanyak hingga 200 buah,” pungkasnya. (esy/jpnn; http://www.jpnn.com/read/2015/11/11/337949/Metode-Afrika-Selatan-Ternyata-Ampuh-Padamkan-Kebakaran-Hutan-dan-Lahan-)-FatchurR

——————

 

Gubernur jujur membuuat malu Pengusaha

Merdeka.com – Pilkada serentak sudah selesai. Semoga pemimpin terpilih amanah dan antikorupsi. Jangan setelah menang sibuk mengumpulkan duit negara buat bayar hutang pas kampanye. Bukan rahasia kepala daerah sering didatangi pengusaha. Selain bincang2 soal proyek, para pengusaha juga kerap memberi hadiah.

Gubernur jujur dari Sumatera Barat ini teladan. Dia bikin malu pengusaha yang mau menyuapnya. Brigjen Polisi Kaharoeddin diangkat jadi gubernur pertama Sumbar 1958. Dia terkenal bersih dan tegas. Seorang rekanan Pemprov datang ke kantor Kaharoeddin. Setelah basa-basi, pengusaha itu pulang meninggalkan kotak roti. Ternyata isinya uang. Kaharoeddin segera memanggil ajudan.

“Kembalikan uang ini pada pengusaha yang menemui saya tadi. Bilang kalau mau menyumbang bukan sama gubernur, tapi ke jawatan sosial,” kata Kaharoeddin tegas. Ajudannya melongo melihat kejujuran bosnya. Dia pun segera berlari menjalankan apa yang diperintahkan Kaharoeddin.

Pengusaha itu dibikin malu. Dia baru sekali lihat ada gubernur tak doyan duit. Kisah ini ditulis di buku BrigjenPol Kaharoeddin Datuk Rangkayo Basa, Gubernur di Tengah Pergolakan, terbitan Pustaka Sinar Harapan tahun 1998. Tak heran, Kapolri Jenderal Awaloeddin Djamin merekomendasikan buku biografi tentang Kaharoeddin ini sebagai salah satu bacaan wajib bagi perwira polisi.

Keengganan Kaharoeddin berurusan dengan pengusaha dan suap. Saat anaknya menikah, Kaharoeddin tak mau menggunakan fasilitas gubernuran. Dia tegas membedakan mana fasilitas dinas dan keperluan pribadi. Kaharoeddin minta agar tak ada pengusaha yang diundang dalam pernikahan anaknya. Kaharoeddin tahu, celah-celah seperti ini akan dimanfaatkan para pengusaha untuk mendekati dirinya.

Hingga akhir hayat, Kaharoeddin tak punya rumah. Karena jujur dan sederhananya Kaharoeddin gubernur 7 tahun ini tak punya cukup uang beli rumah. Ini bukan pencitraan. Bukan karena disorot media. Semoga masih ada orang hebat dan jujur. (ian; http://www.merdeka.com/peristiwa/kisah-gubernur-jujur-bikin-malu-pengusaha-yang-mau-main-suap.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita