logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Novel Mojopahit dalam Smartphone kreasi Mahasiswa

novel-majapahit-dalam-smartphone-kreasi-mahasiswa-uiiYOGYAKARTA-Kisah pemberontakan Sadeng yang dilihat melalui layar komputer itu menarik perhatian siswa SMP-SMA. Mereka merasa, pelajaran sejarah Majapahit itu menjadi lebih mudah mengena.

Apalagi episode Sumpah Palapa Gajah Mada dan sejarah kebesaran Kerajaan Majapahit yang legendaris, cukup menarik bagi M Ali Isa.

 

Sehingga dalam proyek visual novel perdananya, Ali Isa mengangkat salah satu episode sejarah di Nusantara. Kerja kerasnya selama lima bulan bersama rekan-rekannya membuahkan visual novel yang cukup menarik.

 

“Untuk proyek awal, kami mengangkat kisah Sumpah Palapa dan Perang Sadeng yang terjadi pada 1331 M di era Kerajaan Majapahit. Tokoh-tokoh sejarah yang ada dalam cerita ini, seperti Patih Gajah Mada, Ratu Tribhuana Tunggadewi, Ra Kembar dan lain-lain”, tuturnya.

 

Gambar dan suara itu pas dan kena. Bukan hanya sejarah, karakter tokoh visual novel itu membuat lebih mudah mempelajari makna Sumpah Palapa itu. “Ini karena tiap cerita ber-setting latar yang divisualisasi dengan gambar,” kata M Ali Isa mengenai visual novel yang diujicobakan di depan pelajar SMP-SMA.

 

Di sinilah sebut mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII) ini, relevansi visual novel sebagai media belajar sejarah yang interaktif. Ali memang sedang berinovasi agar sejarah bangsa bahkan juga certia dan legenda negeri ini bisa dipahami generasi muda bangsa.

 

Sebagai generasi yang hidup di era IT dan belajar dalam bidang itu, Ali Isa pun mengupayakan cara agar generasi muda menyukainya.

 

“Untuk itu, saya coba hadirkan salah satu sejarah besar Nusantara, dengan sesuatu bernuansa teknologi. Dan ini bukan hal yang sulit di zaman sekarang. Karena visual novel hanya memerlukan perangkat lunak interaktif yang dapat dijalankan dengan komputer atau smartphone,” ungkapnya.

 

Visual novel adalah novel yang dikemas berbentuk permainan digital. Di dalamnya dapat diisi dengan cerita, gambar, dan suara yang melibatkan interaksi dengan pengguna.

 

“Setiap tokoh dalam visual novel memiliki suara dan gambar yang mewakili karakternya. Ketika ada dialog, mereka akan saling berbicara. Setiap cerita juga memiliki setting latar yang dapat divisualisasikan dengan gambar,” katanya.

Pada dasarnya visual novel adalah novel yang dikemas dalam bentuk permainan digital. Di dalamnya dapat diisi dengan cerita, gambar, dan suara yang melibatkan interaksi dengan pengguna. Dalam tahap pertama yang mengangkat kisah heroic ini, Ali Isa mengakui perlu usaha yang tidak mudah.

 

“Kami mnyiapkan mulai naskah cerita, pengisian suara tokoh oleh dubber, dan visual art pendukung. Alhamdulillah dibantu oleh komunitas teater sehingga selesai tepat waktu,” katanya mengenai visual novel ini berdurasi 1,5 jam. (MSR; http://m.okezone.com/read/2015/08/29/65/1204626/simak-novel-majapahit-dalam-smartphone-kreasi-mahasiswa-uii?utm_source=news_bt)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita