logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Nitya pianis muda ingin sebarkan Virus Musik Klasik

Nitya Primantari juara pianisSurabaya – Tak banyak musisi muda tertarik genre klasik. Nitya Primantari (24), pianis asal Surabaya, berbeda. Dengan genre itu ia mampu meraih juara pertama di ‘Ile de France’ kompetisi piano internasional 2014 lalu.

Cerita putri sulung dari 3 bersaudara pasangan Sutoto Jacobus-Lusyana Setijani itu lumayan panjang. Sebelum berkarier, Nitya mulai asah bakat mengikuti kursus piano, balet hingga biola. Namun pilihan gadis kelahiran 2/10/1991 ini jatuh ke piano. Bakatnya mulai terlihat sejak 6 tahun dan berhasil memenangkan berbagai kompetisi nasional.

Usai lulus SMA, Nitya melanjutkan pendidikan di Yong Siew Toh University di Singapura dengan beasiswa penuh. “Saya hanya setahun di Singapura, pindah ke Ecole Normale de Musique de Paris untuk memperdalam aliran musik klasik,” ujarnya kepada detikcom, Kamis (18/6/2015).

Selama studi di Paris, Nitya banyak mengikuti berbagai kompetisi piano internasional. Tawaran untuk bergabung dalam program musim panas dari sekolah musik, salah satunya International Keyboard Institute and Festival di New York, pun datang.

“Paling berkesan yang di Paris. Tapi prestasi internasional pertama saat berumur 19 tahun,” ujar Nitya yang akan menggelar konser tunggalnya dengan berkolaborasi dua musis jazz, Benny Chen dan Kevin Pieter, hari ini.

Dalam konser tunggalnya di Surabaya, Nitya tidak hanya ingin menunjukkan kepiawaian bermain pianonya tapi juga ingin menyebarkan virus musik klasik. “Selain ingin mengenalkan lagi dunia musik klasik khususnya pada generasi muda. Saya juga akan berbagi ilmu,” imbuhnya.

Ia juga meyakinkan jika dalam konser tunggal pertama di Surabaya akan berimprovisasi saat bermain sehingga berbeda dengan konser musik klasik lainnya.

 

“Kan kolaborasinya dengan musisi jazz. Dimana musik jazz bermainnya tidak pakem, lebih banyak improvisasi,” pungkas Nitya.  (ze/try; http://m.detik.com/news/tokoh/2947138/nitya-pianis-muda-surabaya-yang-ingin-sebarkan-virus-musik-klasik)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita