logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mahasiswa UNY kembangkan Pembangkit listrik tenaga surya

Panel suryaYogyakarta – Kelompok mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogya mengembangkan pembangkit listrik tenaga panas matahari yang diberi nama Solar Power Plant with Energy Storage System (Sosysm).

 

“Alat Sosysm didesain menyimpan energi yang berasal dari panas matahari pada pesisir pantai yang telah difokuskan,” kata koordinator kelompok mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Chamdan Nor di Yogyakarta, Sabtu.

 

Menurut dia, Sosysm bekerja dengan cara memfokuskan panas matahari dengan reflektor parabola pada thermo elektrik generator untuk menghasilkan energi panas dan disimpan di baterai aki.

“Alat itu terdiri atas beberapa komponen utama seperti reflektor, thermo elektrik generator, dan baterai aki sebagai penyimpanan,” katanya.

 

Ia mengatakan, alat itu telah diimplementasikan perusahaan tambak PT Berkah Vannamei di Dukuh Ngentak, Kelurahan Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

 

“Dari implementasi yang telah dilakukan, alat itu dapat menghasilkan energi sebesar 1,2 kilowatt. Energi tersebut disimpan pada baterai sehingga penggunaannya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

 

Menurut dia, alat itu diharapkan dapat menjadi sumber energi alternatif untuk wilayah pesisir sehingga para pemilik tambak dapat mengurangi penggunaan pembangkit listrik tenaga diesel yang boros.

“Alat itu dapat menjadi alternatif sumber energi yang ramah lingkungan. Ongkos pembuatan alat itu sekitar Rp 7,8 juta,” katanya.

 

Anggota kelompok mahasiswa FT UNY yang mengembangkan Sosysm itu antara lain Dyah Ayu Pratiwi, Nurdiana, Dayuanti, dan Awal Bakhtera Suhiyar. (/PCN; Antara dan http://m.beritasatu.com/iptek/313493-mahasiswa-uny-kembangkan-pembangkit-listrik-tenaga-matahari.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita