logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cobalah tip berprestasi ini

siswa berprestasi kartunJadi siswa berprestasi di sekolah tidak rumit seperti yang kita bayangkan. Banyak teman2 kalian yang berprestasi di sekolahnya karena mereka tahu cara jadi pelajar berprestasi. Cobalah tip berikut ini :

 

1-Jadilah pemimpin. Latihlah rasa tanggung jawabmu.
Bila guru minta bantuanmu mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka membersihkan kelas bersama.

 

2-Mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
Jawab tiap pertanyaan yang diajukan guru bila kamu mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil kamu untuk menjawab pertanyaan.

 

3-Jangan malu untuk bertanya.
Selalu bertanyalah kepada guru apabila tidak mengerti tentang sesuatu hal.

 

4-Kerjakan PR, jangan mencari alasan untuk tidak mengerjakannya.
Tidak malas mengerjakan PR dengan alasan lupa atau menunda mengerjakannya. Enak kan kalau kita cepat mengerjakan PR, jadi masih punya banyak waktu untuk bermain dan nonton TV deh!

 

5-Tiap pulang dari sekolah, selalu mengulang pelajaran hari itu yang diajarkan.
Nanti sewaktu ada ulangan jadi tidak banyak yang harus dipelajari. Asyik.

 

6-Cukup istirahat, makan dan bermain.
Lakukanlah secara berimbang. Sepulang sekolah, kita sering ingin cepat2 bermain dan melupakan segala hal penting lainn, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan.

 

Itu bisa didapatkan dari istirahat dan asupan yang kita makan. Karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas

 

7-Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka.
Jika kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contoh IPA, banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Siapa tahu dari kurang suka matematika, kalian malahan menyukainya.

 

8- Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang disenangi.
Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut, sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.

 

9-Cari seorang pembimbing yang baik.
Ortu adalah pembimbing terbaik selain guru. Bila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal itu pada ortu. Selain itu, kalian dapat belajar dari teman yang berprestasi.

 

10-Jangan suka mencontek teman.
Kalau mencontek, kita bisa bodoh karena tak berpikir sendiri. Lagian belum tentu, contekannya benar. Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lain, malu kan? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan dapat nilai baik.

 

Lakukan dan jangan tunda lagi., karena kamu berada di jalur pelajar berprestasi. (Lianneke Gunawan; http://dunianyaanakkita.blogspot.com/2010/10/10-tips-rahasia-menjadi-pelajar.html  dan http://www.untukku.com/artikel-untukku/10-tips-rahasia-menjadi-pelajar-berprestasi-di-sekolah-untukku.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita