logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical
Komentar baru

Bekerja keras ciptakan Sarjana tak sempat nganggur

Wisuda-Binus-ke-52KOMPAS.com – Hari itu Wendra ceria. Penuh debar, ia betulkan arah tali topi toganya ke sisi kiri. Karena namanya akan dipanggil, dan tali itu akan segera berpindah ke sisi kanan. Tinggal menghitung menit, dia resmi bergelar sarjana ekonomi.

 

Tak ada rasa khawatir sedikit pun. Betapa tidak. Setelah lulus, Wendra segera berangkat ke China. Bukan untuk berlibur atau bersantai. Ia akan bekerja menjadi seorang staf quality control di sana. Saat para lulusan sarjana lain masih sibuk mengirimkan resume segarnya, Wendra sudah duduk manis di pesawat terbang menikmati makan siang.

Tak hanya Wendra. Kebahagiaan seperti itu juga turut dirasakan oleh dua dari tiga orang lulusan Universitas Binus angkatan ke-52. Binus baru meluluskan 2.732 wisudawan di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Kamis (30/7/15).

Tahun ini, survei Binus memaparkan bahwa sekitar 79 persen dari total lulusannya telah diterima bekerja sebelum dinyatakan resmi lulus. Dari angka itu, 44 persen diantaranya masuk perusahaan internasional atau mendirikan usaha sendiri.

 

“Setiap tahun, jumlah wisudawan yang sudah bekerja terus meningkat. Ini merupakan hasil kerja keras bersama,” tutur Rektor Universitas Binus Harjanto Prabowo pada pidato sambutannya.

Saat ditemui khusus, Harjanto menyatakan bahwa Binus terus belajar untuk mempertemukan antara kebutuhan perusahaan (pasar) dan pendidikan kampus. Beberapa program telah dicanangkan. Salah satu yang paling baru adalah “3 plus 1”.

“Mulai tahun lalu, selama satu tahun mahasiswa Binus disalurkan untuk magang di perusahaan rekanan kami. Sisa tiga tahunnya baru dihabiskan di kampus,” jelas Harjanto, tentang program baru itu.

Menurutnya, program “3 plus 1” terbukti efektif sebagai media komunikasi baru dengan para pelaku industri. Dia mengatakan bahwa pelaku industri pun merespon positif dan mendukung penuh.

“Industri pada dasarnya juga butuh SDM. Makanya mereka sangat bersemangat ketika kami menawarkan kerjasama ini. Tapi, tentu kami pun harus berhati-hati. Mahasiswa perlu disiapkan matang-matang,” ujarnya.

Dalam program itu, mahasiswa bekerja layaknya karyawan biasa. Mereka akan bekerja sesuai bidang keahlian dan mendapatkan pengawasan langsung dari pihak perusahaan. (Adhis Anggiany Putri S; Latief; http://edukasi.kompas.com/read/2015/07/31/1501286/Kerja.Keras.Menciptakan.Sarjana.yang.Tak.Sempat.Nganggur)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita